Monday, June 9, 2014

Bi! Review


Judul: Bi!
Pengarang: Fei
Penerbit: Haru
Harga: Rp31.500 (promo ultah Haru)
Tahun terbit: Februari 2013
Jumlah Halaman: 276 hal.
Rating: 4/5





●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●


Back Novel Synopsis

"Hoi! Hoi! Maafkan aku. Aku benar-benar tidak bermaksud menakutimu." Ucapnya penuh penyesalan.

Lagi-lagi ia ceroboh menampakan wujud aslinya. Tidak mudah memang untuk mencoba bergaul dengan manusia ketika dirinya memiliki sepasang bola mata yang mencuat, kulit wajah yang kemerahan, serta sepasang tanduk dikepala. Gadis yang melihatnya malah pingsan ketakutan. Padahal gadis ini baru saja membebaskannya dari sebuah bel angin yang mengurungnya selama 400 tahun. Ia harus segera mengubah wujudnya agar bisa diterima manusia!
-----------------------------------------------------------------
Pemuda berwajah cantik itu bilang dia adalah "dokkaebi" dan mengaku bernama "Bi!" Dia pasti pemuda gila kan? Di dunia modern begini siapa sih yang percaya kalau dokkaebi -mahluk yang banyak terdapat di cerita dongeng Korea itu benar-benar ada?

Parahnya lagi, dokkaebi itu bertekad membalas dendam pada Jo Hyuk -teman Min Jeong sejak kecil yang menurutnya telah menyebabkannya dikurung selama empat ratus tahun. Min Jeong tahu ia harus segera bertindak!

●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

My Review

Musim dingin di desa pinggir kota Gyeongju, Kim Min Jeong yang berusia awal 20an bekerja mengangkut barang di toko kelontong Song Supyeo. Min Jeong adalah pekerja yang keras, ayahnya adalah pemabuk yang tidak pulang sampai larut malam, sedangkan ibunya sudah meninggal saat Min Jeong masih SMA. Untungnya saat neneknya meninggal, neneknya mewarisi Hanok, rumah tradisional Korea, jadi Min Jeong bisa pindah kesana, daripada harus membayar uang kos tiap bulan.

Hari itu adalah Perayaan Dongji yang dipercaya bahwa roh-roh jahat sering berkeliaran pada hari itu. Bibi Song pemilik kelontong Song Supyeo memberikan bel angin sebagai oleh-oleh untuk rumah baru Min Jeong. Selain bekerja di Song Supyeo, Min Jeong membuat usaha dengan van tua nya untuk dijadikan foodtruck. Min Jeong akan berjualan Bungeoppang dan kopi. Temannya Hyuk akan membantu Min Jeong untuk merenovasi van tuanya.

                 
                 Bungeoppang kue berbentuk ikan yang berisi kacang merah

Sampai di hanok neneknya, Min Jeong memaku bel angin yang diberikan Bibi Song. Tidak sengaja Min Jeong malah memalu jarinya sendiri. Saat darahnya menetes ke bel angin, bel angin itu mulai bergerak dan berkelontang keras. Sesosok dokkaebi muncul, tetapi Min Jeong sudah pingsan. Dokkaebi itu mengguncang-guncang Min Jeong supaya terbangun tetapi Min Jeong tidak bangun-bangun.

Hyuk dan Ae Ri teman Min Jeong juga, datang ke hanok Min Jeong dan mendapati Min Jeong sudah pingsan. Dokkaebi segera bersembunyi dan melihat Hyuk. Bi sebal dengan Hyuk dan ingin membunuhnya. Tetapi setelah Min jeong sadar, ia melarang Bi untuk membunuh Hyuk. Akhirnya Hyuk dan Min jeong tinggal bersama. Awalnya memang susah tinggal dengan Bi yang ternyata centil dan berubah menjadi ulzzang dan berambisi membunuh Hyuk, tetapi lama-kelamaan Min Jeong dan Hyuk menjadi semakin dekat, dan sifat Hyuk mulai berubah menjadi seperti orang yang pernah mengurung Bi 400 tahun yang lalu. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Apakah Bi akan diusir? Bagaimana cerita Bi sampai ia terkurung di bel angin selama 400 tahun? Baca sendiri ya selengkapnya ^^


       
                             Kira-kira beginilah rupa dokkaebi, serem kan?


Novel bergenre fantasy-romance ini seru sekaligus ada unsur komedi yang bikin aku ngakak :D Min Jeong dan Ae Ri juga sampai pergi ke "mudang" semacam dukun untuk mengusir dokkaebi.

Bi itu sebenarnya baik dan lucu. Bi itu sering pergi ke club malam dengan mengganti wujudnya menjadi ulzzang. Bi juga membantu Min Jeong di foodtruck berjualan Bungeoppang sampai-sampai Bi punya fans anak SMP lho karena ketampanannya sebagai ulzzang  ^^

Aku beri rating 4 untuk ceritanya yang nyambung dan mengalur, Fei juga dapat menceritakan kisah ini seperti kita sedang menonton drama Korea. Latar Koreanya dapet banget padahal penulisnya orang Indonesia lho :) Overall Bi! itu ceritanya unik dan Bi! menjadi novel lokal favoritku dan merupakan novel lokal pertama yang aku baca ^^

Regards,
♥Antonia Glory

No comments:

Post a Comment