Monday, June 30, 2014

5 Steps to Choose My Books


Halo semua! Sekarang aku mau berbagi tips, bagaimana aku memilih buku. Ada 5 hal yang aku lakukan untuk memilih buku sebelum membelinya, agar buku yang akan aku beli, bisa aku baca  sesuai dengan harapan (kadang-kadang diluar ekspektasi, tapi jarang sih... -_-)

1. Genre buku

Genre buku adalah yang paling berpengaruh bagiku untuk memilih buku. Karena genre favoritku fantasy dan detective, aku akan mencari buku-buku tersebut untuk menjadi koleksiku ^^  Tapi, aku juga mencoba untuk membaca genre yang belum pernah aku baca. Jika tidak suka dengan genre yang aku baru baca tersebut, aku tidak akan membeli buku yang bergenre yang sama. (tidak salah kan, untuk mencoba?)

2. Penerbit buku

Jika sudah demen banget sama buku-buku yang penerbitnya sama, biasanya aku nge-like page facebook atau follow twitter penerbitnya. Jadi aku bisa tahu buku-buku terbaru yang mereka rilis. Jadi aku sering banget beli buku di penerbit yang sama. 

3. Sudah dirilis menjadi film

Kalau buku tersebut sudah/akan dirilis menjadi film dan film itu juga bagus, aku jadi penasaran  untuk membeli bukunya. Biasanya film dan cerita di buku dibedakan sedikit. Contohnya Harry Potter. Aku menonton filmnya duluan, tetapi aku rasa ceritanya sedikit tidak nyambung, dan ada informasi yang belum diberikan dengan jelas. Saat aku membaca novelnya, barulah aku mengerti keseluruhan isinya, dan aku lebih suka dengan bukunya daripada filmnya :)

4. Searching

Biasanya aku searching di internet untuk mencari buku yang kira-kira menarik. Karena aku sering belanja buku online dibanding ke toko buku, aku biasanya lihat-lihat buku di website yang menjual buku online. Biasanya diwebsite tersebut tertera jenis-jenis buku, jadi kita bisa memilih buku sesuai dengan keinginan kita (biasanya aku pilih yang "fiksi"),  jika ada buku yang menarik, akan aku masukan ke wishlist dalam  accountku. Wishlist memudahkan kita untuk membeli buku yang sudah kita pilih, jadi tidak usah susah-susah mencari lagi.

5. Baca Review

Setelah aku masukan buku yang aku inginkan ke wishlist, aku mencari review buku tersebut di blog orang lain. Biasanya aku membaca  review dari goodreads dan websitenya Stefanie Sugia. Jika kurasa reviewnya bisa meyakinkanku untuk membelinya, aku akan membeli buku tersebut. Memang kadang-kadang pendapat orang berbeda-beda, jadi belum tentu review yang mereka berikan, sama dengan ekspektasi ketika aku membaca.

Nah... itu dia step-step yang aku gunakan untuk memilih buku, cara ini jitu juga untuk mendapat buku yang bagus dan kita merasa puas saat membacanya. Silahkan dicoba! :)

Regards,
♥Antonia Glory

No comments:

Post a Comment