Saturday, November 1, 2014

Liesl & Po Review

Judul: Liesl & Po
Pengarang: Lauren Oliver
Illustrasi: Kei Acedera
Penerbit: Mizan Fantasi
Harga: Rp36.125 (bukabuku.com)
Tahun terbit: April 2013
Jumlah halaman: 318 hal.
Rating: 3.5/5

●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●
Back Novel Synopsis

Di hari ketiga setelah kematian ayahnya, Liesl melihat hantu.

Liesl dikurung di loteng oleh sang ibu tiri. Di malam-malam gelap, Liesl menghibur diri dengan menggambar. Lalu, kegelapan di lotengnya menggeliat dan melentur, memunculkan sesosok hantu. Po, yang datang dari Dunia Lain, tempat roh dan hantu berkeliaran di kegelapan yang membentang seluas semesta. Liesl berharap Po bisa menemukan ayahnya di Dunia Lain.

Suatu hari, tak sengaja Will, murid sang Alkemis, menukar kotak berisi sihir terkuat di dunia dengan kotak abu ayah Liesl. Sebuah kesalahan yang menarik dua anak dan satu hantu dalam sebuah petualangan yang menegangkan. Petualangan yang membuat Dunia Lain dan Dunia Nyata bersentuhan dan membuka rahasia-rahasia mengerikan.

Kisah tentang persahabatan dan rasa sepi, keserakahan dan kemurahan hati, kematian dan kehidupan, Lauren Oliver berhasil meramu kisah petualangan yang menegangkan sekaligus menghangatkan hati.

●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●
My Review

Liesl menghabiskan waktu di loteng sepanjang harinya. Di hari ayahnya masih hidup, Liesl dilarang menjenguk ayahnya oleh sang ibu tiri karena ayahnya sedang sakit. Sekarang Liesl sangat bersedih karena pada hari kematian ayahnya, ia tidak diijinkan melihat ayahnya terakhir kali dan dikremasikan. Biasanya Liesl di malam hari selalu menggambar, dan diluar sana ada seorang anak laki-laki yang selalu memperhatikan Liesl dari jendela luar, tetapi belakangan ini anak laki-laki itu tidak pernah melihat Liesl dari jendela. 

Di hari ketiga setelah kematian ayahnya, Liesl melihat ada dua hantu masuk kedalam kamarnya. Ada seorang hantu dan hantu yang menyerupai seperti anjing atau kucing. Hantu itu bernama Po, dan hantu binatang itu bernama Bundle yang suka mengeong dan menggonggong. Po suka memperhatikan Liesl menggambar, dan menanyakan mengapa Liesl akhir-akhir ini jarang melihat Liesl menggambar. Liesl sangat sedih dan ia memohon kepada Po untuk menemukan ayahnya di Dunia Lain dan mengucapkan selamat tinggal. Po berjanji asal Liesl kembali menggambar untuknya. 

Sedangkan diluar sana, anak laki-laki yang suka memperhatikan Liesl dari jendela luar, bernama William sedang tertimpa masalah. Murid seorang alkemis itu tidak sengaja menukar kotak abu ayah Liesl dengan  kotak ajaib milik sang alkemis. Sang alkemis akan menyerahkan kotak ajaib itu untuk Lady Premiere. Lady Premiere berharap dari kotak ajaib tersebut, ia bisa menguasai dunia dengan memanggil arwah-arwah orang mati, dan sang Alkemis akan diakui menjadi Alkemis paling hebat di dunia. Po bertemu ayah Liesl didekat rumahnya di Dunia Lain dan ayahnya mengatakan kepada Po bahwa ayahnya ingin Liesl  mengantarkan dan mengubur abu kremasinya bersama ibunya di bawah pohon willow, tempat keluarga Liesl tinggal dulu. Liesl dibantu oleh Po kabur dari rumah dan bertemu oleh William. Perjalanan mereka tidak mulus untuk mencapai tujuan. Mereka dikejar sang Alkemis, Lady Premiere, ibu tiri Liesl, Polisi, juga diganggu oleh seorang pencuri. Apakah Liesl bisa menuju tujuan untuk menguburkan ayahnya di bawah pohon willow? 



Buku ini dari segi illustrasi menarik, hanya saja ceritanya terkesan sangat diburu-buru dan selalu tertimpa masalah, sehingga aku lelah dan tidak menikmati membacanya. Untuk segi ide sudah menarik, tetapi ada beberapa hal yang sepertinya tidak tuntas diceritakan didalam buku ini. Padahal konfliknya tidak usah sebanyak itu, karena menurutku konflik pertama dengan ibu tiri dan sang alkemis sudah cukup, dan konflik lainnya itu malah memperumit cerita.

Bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Ya, akhir dari perjuangan mereka memang berhasil dan happy ending. Liesl juga bertemu oleh ayahnya, hantu Po dan hantu binatang itu akhirnya berubah wujud sesungguhnya dan kembali ke alam baka. Sekian review hari ini, Happy Halloween! 

Regards,
♥Antonia Glory

No comments:

Post a Comment