Thursday, November 13, 2014

You're the Apple of My Eye Review

Judul: You're the Apple of My Eye
Pengarang: Giddens Ko
Penerbit: Haru
Harga: Rp50.400 (BBC)
Tahun terbit: Februari 2014
Jumlah halaman: 350 hal.
Rating: 4/5


●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●
Back Novel Synopsis

Kau sungguh kekanak-kanakan - Shen JiaYi

Sedikitpun kau tidak berubah, nenek yang keras kepala - Ke Jingteng


Semua berawal saat Ke Jing Teng, seorang siswa pembuat onar, dipindahkan untuk duduk didepan Shen Jiayi, supaya gadis murid teladan itu bisa mengawasinya. Ke Jingteng merasa Shen Jiayi sangat membosankan seperti ibu-ibu, juga menyebalkan. Apalagi, gadis itu selalu suka menusuk punggungnya dengan pulpen saat ia ingin tidur di kelas hingga baju seragamnya jadi penuh bercak tinta. Namun, perlahan Ke Jingteng menyadari, kalau Shen Jiayi adalah seorang gadis yang sangat spesial untuknya.

Karena masa mudaku, semua adalah tentangmu...

●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●
My Review

Musim panas,1990, SMP Jingcheng, Changhua, kelas seni 2A. Ke Jingteng dipindahkan duduk oleh Guru Lai karena sering bercanda disaat pelajaran. Ia awalnya duduk didekat tembok, sekarang pindah ke depan murid teladan yaitu Shen Jiayi. Shen Jiayi sering menganggap Ke Jingteng kekanak-kanakan, tetapi Shen Jiayi selalu bercerita tentang keadaan sekitarnya dan sering menasihatinya. Ke Jingteng juga sering tidur disaat pelajaran dan Shen Jiayi akan menusuk punggungnya dengan bolpen tinta biru.

Di sekolah mereka, ada yang namanya daftar merah, yaitu daftar orang-orang yang memiliki hasil ujian paling tinggi. Suatu hari guru mereka mengumumkan, bagi siswa yang tidak masuk daftar merah akan dipindah kelas. Shen Jiayi membantu Ke Jingteng dalam pelajaran Matematika dan Fisika agar Ke Jingteng bisa masuk ke daftar merah, dan akhirnya mereka bisa berada dalam satu kelas lagi.

Jingteng sangat menyukai Jiayi tetapi temannya sejak kecil, A Heng, adalah saingan cinta terbesarnya. A He juga menyukai Jiayi dan sering mengobrol dengannya. Saat mereka mengobrol tentang zombie, Jingteng menakut-nakuti Jiayi dengan ceritanya hingga semenjak itu Jiayi tidak mau berbicara lagi dengan Jingteng. Semenjak itu datanglah seorang gadis bernama Li Xiaohua mendekati Jingteng dan akhirnya mereka berpacaran. Disaat Jingteng masuk SMA, ia putus dengan Li Xiaohua karena teman-temannya yang sangat protektif. Berkat Jiayi, nilai matematika dan fisika Jingteng meningkat, dan saat SMA, Jingteng memilih masuk jurusan IPA dan Jiayi masuk jurusan IPS. A He yang dikelas IPA pindah ke jurusan IPS agar bisa dekat dengan Jiayi. 

Namun, walaupun berbeda kelas, Jingteng dan Jiayi selalu bertukar soal matematika dan membahasnya bersama. Disaat mulai ujian masuk kuliah, Jingteng memilih jurusan manajemen sains di National Jiaotong University. Jiayi juga masuk universitas yang sama, namun ia memberikan kesempatan tersebut pada temannya dan temannya akhirnya tidak menggunakan kesempatan tersebut. Jingteng kesal sekali. Di Universitas, ia ingin menunjukan kehebatan fisik dikampusnya dengan acara gulat. Ia ingin mengundang Jiayi dalam pertandingannya. Namun Jiayi marah karena apa yang dilakujan Jingteng tidak ada gunanya, malah menyakiti diri sendiri, dan akhirnya merekapun berpisah. Apakah mereka akan bertemu kembali?















Hmmm... aku terus terang lebih menyukai filmnya daripada bukunya. Di bukunya diceritakan dari Jingteng SMP, sedangkan difilmnya diceritakan dimasa mereka sedang SMA. Didalam buku, aku tidak dapat feel-nya. Di filmnya kerasa banget rasa nyeseknya :'(  Setelah membaca novelnya, aku baru tahu kalau Jingteng awalnya pacaran dengan Li Xiaohua sebelum Jiayi. Bisa dibilang kemiripan novel dengan filmnya hanya 20% yang adegannya benar-benar ada di filmnya. Sedikit kecewa sih membacanya, tetapi aku sangat suka dengan cover novelnya yang sangat lucu, berhiaskan apel dengan daun-daun. Untuk terjemahannya oke, mudah dimengerti. Untuk itu kuberikan rating 4/5.

Regards,
♥Antonia Glory

No comments:

Post a Comment