Sunday, August 31, 2014

Review Komik Golongan Darah: Simple Thinking about Blood Type 2


●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●


Judul: Simple Thinking about Blood Type 2 
Genre: komik, pengembangan diri
Kategori: non fiksi, webtoon
Pengarang: Park Dong Sun
Ukuran: 14 x 20 cm
Tebal: 308 halaman
Penerbit: Haru
Harga: 63.000
Terbit: Juli 2014
Bisa didapat di: Gramedia, Gunung Agung, online: owlbookstore.co.id
Rating:4.5/5




●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●
My Review

Buku komik ini menceritakan kehidupan kita sejak taman kanak-kanak, sekolah, kantor, sampai kehidupan pribadi. Contohnya dihalaman pertama, menceritakan anak kembar di Jepang yang bergolongan darah A dan B yang baru pertama kali masuk taman kanak-kanak.


Walaupun mereka kembar, tetapi apa yang terjadi saat mereka masuk kesekolah untuk pertama kali? Reaksi mereka sangat berbeda! Golongan darah A akan menangis, tetapi golongan darah B akan sibuk bermain kesana kemari.  Di bab ini juga akan diceritakan bagaimana mereka menggambar, bermain rumah-rumahan, rencana pergi wisata, pertengkaran, dan cara belajar masing-masing golongan darah.

Di bab ke-2 diceritakan tentang kehidupan disekolah, mulai dari cara berpakaian, sampai cerita hantu sekolah yang kebanyakan di tiap sekolah pasti punya cerita hantu tersendiri hehehehe....

Di cuplikan komik berikut ini ada yang membuatku tertegun dan berpikir. Aku memiliki teman baik bergolongan darah AB dan aku sendiri bergolongan darah O. Untuk aku yang bergolongan darah O, aku cenderung bersemangat dalam segala hal dan AB kebalikannya.




 2 sahabat O dan AB pertama masuk sekolah. AB sulit beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya, lalu saat mereka pergi minum-minum, temannya heboh sendiri, ia sangat khawatir kalau nanti mereka tidak bisa jalan dengan baik. Saat belajar bersama golongan darah O, AB tidak bisa konsentrasi karena seleranya berbeda. Di saat karaoke bersama golongan darah AB ingin cepat pulang karena sangat lelah.

Aku jadi ingin tahu isi hati temanku itu. Seperti ditulis di komik, golongan darah AB adalah "Poker Face" yaitu apa yang dikatakan berbeda dengan isi hati. Mungkin dia sebenarnya sangat lelah didalam hatinya, tapi dia masih 'kuat' untuk bermain bersama denganku.

Satu lagi cuplikan dari komik yang bikin aku terkesan. Aku sangat menyukai golongan darah B yang kreatif, bebas, dan bijak.


Masing-masing diberi 4 apel, dua kualitas baik dan kualitas buruk. Pertama, golongan darah B memakan yang berkualitas baik dahulu.



Golongan darah O memulai dengan kualitas buruk dahulu,  pada hari keempat dia sama sekali tidak makan apel dengan kualitas yang baik, karena apel berkualitas baik sudah membusuk.


Sebaliknya, golongan darah B makan apel yang baik tiap hari. Keren kannn...

Menurutku 95% isi komik golongan darah ini  sangat nyata dengan kehidupan sehari-hari. Aku jadi mengenal isi hati dan pikiran mereka.

Alasanku ingin memiliki boneka Simple Thinking about Blood Type 2 karena bonekanya ada tulisan golongan darah yang kita punya, keren kalau punya, apalagi spesial dari Korea ^^. Boneka ini seperti limited edition ;)





Sekian review dariku, terima kasih!

Regards,
♥Antonia Glory

No comments:

Post a Comment