Thursday, August 14, 2014

The Hobbit Review

Judul: The Hobbit
Pengarang: J.R.R. Tolkien
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp42.000
Tahun terbit: Agustus 2013, cetakan kesembilan
Jumlah halaman: 352 hal.
Rating: 5/5




●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●
Back Novel Synopsis

Inilah kisah tentang seorang Baggins yang pergi bertualang, dan mendapat dirinya melakukan dan mengucapkan hal-hal yang tak disangka-sangka

Bilbo Baggins adalah hobbit yang suka hidup nyaman, tidak ambisius, jarang berpergian jauh selain ke gudang makanan di lubang hobbit-nya di Bag End. Tetapi hidup nyamannya terganggu ketika Gandalf si Penyihir, dan 13 kurcaci mendatanginya suatu hari, untuk mengajaknya menempuh perjalanan "pergi dan kembali". Mereka berencana mengambil harta Smaug, naga raksasa yang sangat berbahaya...

Kisah ini merupakan pendahuluan dari kisah The Lord of the Rings, The Hobbit telah terjual jutaan copy sejak diterbitkan pada tahun 1937, dan menjadi salah satu buku berpengaruh dan paling dicintai di abad kedua puluh.

●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●
My Review

Bilbo Baggins adalah seorang hobbit yang terhormat di wilayahnya. Ia tinggal di liangnya yang nyaman dan pintunya berbentuk lingkaran. Pada suatu hari disaat Bilbo ingin menghisap pipa kayunya ada seorang penyihir bernama Gandalf yang sangat terkenal oleh cerita-cerita menakjubkan tentang petualangannya melewati rumah Bilbo. Bilbo mengucapkan selamat pagi kepada Gandalf, dan Gandalf mengajaknya untuk mengikuti petualangan. Namun bangsa hobbit tidak menyukai petualangan, karena menurut mereka petualangan itu merepotkan dan menyusahkan, lebih baik mereka tinggal di dalam liang mereka yang nyaman. Bilbo menolak tawaran Gandalf dan mengundangnya besok untuk minum teh.

Keesokan harinya, Bilbo mempersiapkan segala sesuatu seperti kue dan bir untuk tamunya. Akhirnya pintu diketuk dan yang datang bukan Gandalf melainkan 2 orang kurcaci. Kurcaci itu masuk ke dalam dan makan kudapan yang disiapkan oleh Bilbo. Bilbo merasa heran, lalu pintu diketuk lagi hingga ada 13 kurcaci didalam rumahnya,dan terakhir Gandalf akhirnya datang juga. Tujuan mereka kesini adalah untuk mencari seorang "pencuri" dalam perjalanan mereka ke Gunung Sunyi tempat harta para kurcaci yang dicuri oleh naga yang bernama Smaug. Thorin, pemimpin para kurcaci berjanji untuk memberikan seperempat belas harta didalam Gunung Sunyi untuk Bilbo jika Bilbo ikut. Sebenarnya Bilbo malas sekali, namun para kurcaci itu akhirnya menginap di rumah Bilbo dan berangkat keesokan harinya.

Bilbo ikut dalam perjalanan ini bersama para kurcaci dan Gandalf. Mereka bertemu banyak sekali mahluk seperti peri sahabat mereka yang baik, para goblin yang jahat, Warg kumpulan serigala, peri hutan, juga manusia. Dalam perjalanan itu banyak sekali hambatan yang mereka lalui seperti ditawan di gua goblin dan terjebak di hutan yang banyak sekali serigala yang buas, Gandalf penyihir yang sakti dapat mengatasi masalah-masalah seperti ini, namun akhirnya Gandalf harus pergi karena ada pertemuan dengan penyihir lain. Gandalf mempercayakan Bilbo membawa para kurcaci ke Gunung Sunyi untuk merebut harta mereka dari naga Smaug. Ya, mereka mendapatkan harta mereka, tetapi masalah bermunculan kembali karena semua mahluk berperang untuk merebut harta para kurcaci. Selengkapnya, baca sendiri ya... 



Novel ini seperti membaca cerita dongeng yang sangat seru! Cara penulisannya benar-benar seperti dongeng yang dengan sangat mudah dimengerti dan sangat mengalur. Bisa terbayang seru dan menegangkan petualangan mereka dan pemandangan-pemandangan alam yang ada dalam petualangan ini. Buku ini juga dihiasi oleh ilustrasi seperti liang Bilbo, pemandangan alam yang sedang mereka lalui dan juga diawal dan diakhir halaman ada peta perjalanan Bilbo dan para kurcaci.

Buku ini kupinjam dari perpustakaan sekolah. Untuk meminjam buku ini membutuhkan waktu yang lama, aku ingin meminjam disekitar bulan Mei, dan baru bisa dipinjam bulan Agustus karena buku ini masih baru, sepaket bersama 3 novel Lord of the Rings lainnya, dan aku adalah peminjam pertama! Bukunya masih sangat mulus, hehehe :D

Bagian yang kusuka dari novel ini adalah disaat Bilbo terpisah dari kurcaci lainnya didalam gua goblin. Disana Bilbo bertemu mahluk air bernama Gollum dan mereka bermain teka-teki dengannya agar Bilbo diberi petunjuk jalan keluar oleh mahluk itu. Teka-tekinya benar-benar aneh, tetapi setelah dipikir-pikir, jawabannya memang benar!

Pokoknya buku ini benar-benar seru, mulai dari bab pertama yang lucu dan menyenangkan, sampai petualangan yang seru, hingga bab akhir disaat mereka saling berperang dengan mahluk lain, dan ada saat yang sedih juga diakhir peperangan itu. Novelnya menurutku lebih seru daripada filmnya :)

Novel ini membuatku ingin lanjut ke novel Lord of the Rings yang berjumlah 3 jilid buku, walaupun novelnya lebih tebal dan font nya  lebih kecil dari The Hobbit. Pokoknya novel ini ga ngebosenin, layak mendapatkan bintang 5! 

Regards,
♥Antonia Glory

No comments:

Post a Comment