Thursday, September 25, 2014

Cheer Boy!! Review

Judul: Cheer Boy!!
Pengarang: Asai Ryo
Penerbit: Haru
Harga: Rp40.600
Tahun terbit: November 2013
Jumlah halaman: 428 hal.
Rating: 3.5/5


●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

Back Novel Synopsis

"Cheer Leader biasanya cewek yang melakukannya, kan?"

Haruki cedera. Cowok itu menggunakan cederanya sebagai alasan untuk berhenti dari judo karena menyadari batas kemampuannya. Padahal Haruki lahir dalam keluarga pejudo dan kakak perempuannya selalu jadi pemenang dalam setiap kejuaraan judo.

Kazuma, teman sepermainan Haruki tiba-tiba ikut berhenti judo dan menyarankan hal gila. Mereka akan membentuk tim cheerleading cowok!! Padahal olah raga itu kan olah raga cewek!

Tapi saat anggota berhasil mereka kumpulkan, ternyata mereka adalah cowok-cowok dengan masalah masing-masing.

Saat masalah itu saling berbenturan, akankah cheerleading bisa menyelesaikan semua masalah?
●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

My Review

Haruki adalah mahasiswa baru di Universitas Meishi'in. Kazuma, sahabat Haruki adakah teman main Haruki sejak SD yang masuk ke universitas yang sama di kampus Haruki. Haruki yang berada dalam keluarga Judo sejak kecil, tidak merasa bahwa judo itu tertanam dalam dirinya, dan ia berpikir bahwa kakak perempuannya lebih pantas dan berprestasi dalam judo. Karena cedera pada bahunya, Haruki berencana untuk mengundurkan diri dari klub judo di universitas dan ia memberitahukannya kepada Kazuma. Haruki ingin sekali keluar dari klub judo tetapi ia belum memiliki keberanian yang cukup untuk mengatakannya kepada pelatih judo.

Di keesokan harinya disaat Haruki sudah memiliki keberanian untuk mengundurkan diri kepada pelatihnya, ia bertemu Kazuma yang sedang berjalan keluar dari tempat judo, saat ia masuk, pelatih melihar Haruki dengan tatapan sedih. Ternyata Kazuma keluar dari klub judo, dan Kazuma juga mengatakan bahwa Haruki akan keluar dari klub judo. Haruki melarang Kazuma untuk mengundurkan diri, tetapi Kazuma keluar karena ingin mencoba hal yang baru. Kazuma membuat poster bertuliskan Cheer Boy di papan informasi universitas. Lalu datanglah anggota-anggota baru yaitu Mizoguchi, Toono yang berbadan gendut, Ichiro, Gen, dan anggota terakhir yaitu Sho. Grup Cheer boy ini dinamakan BREAKERS. 

Setiap hari mereka berlatih senam dan tehnik-tehnik lainnya seperti stunt, hand stand, tumbling, spot, dan lain-lain. Disaat latihan, mereka bertemu dengan grup cheerleader lainnya, salah satunya adalah SPARKS dan DREAMS yang merupakan grup cheerleader perempuan. BREAKERS sedang mempersiapkan diri untuk pementasan cheerleader di festival universitas mereka dan turnamen Cheerleaders. Dibalik kerja keras mereka, banyak tantangan batin yang mereka hadapi sendiri. Haruki yang tidak bisa jujur pada keluarganya, nenek Kazuma yang mengurusnya semenjak orang tuanya meninggal sekarang dirawat di rumah sakit, Toono yang diejek oleh teman-temannya karena ukuran tubuhnya, Sho yang masih punya trauma karena masa lalunya yang kelam dalam cheerleader. BREAKERS juga mendapat member baru yang merupakan anak dari dosen Mandarin di universitasnya yang berbadan sangat kurus. Haruki juga menyukai salah satu member DREAMS yaitu Chihiro yang ternyata bertepuk sebelah tangan. Apakah mereka akan tetap kompak dan berhasil di tim cheerleader? Baca kekompakan mereka di novel Cheer Boys!!



Novel Cheer Boy!! adalah novel yang memiliki banyak tehnik didalamnya. Diawal halaman, kita akan disuguhi oleh "Kamus Cheerleading" yang berisi tehnik-tehnik cheerleading  yang dilengkapi oleh illustrasi. Kisahnya dibilang cukup unik, karena ada laki-laki yang bersemangat membentuk tim cheerleader. 




Kesanku membaca buku ini adalah, aku kurang puas dengan ceritanya.  Mungkin karena aku tidak mendalami olah raga, aku cukup bosan dengan cerita Haruki dan kawan-kawan berlatih dengan tehnik cheerleading yang saya tidak mengerti walaupun ada kamus cheerleading diawal halaman. Alur ceritanya menurutku terlalu monoton. Untuk itu, aku berikan rating 3.5 dari 5. Tetapi dibalik itu banyak pesan-pesan yang aku dapat didalam novel ini, contohnya, harus bisa menjadi diri sendiri, persahabatan dan kekompakan, dan rasa saling percaya. Untuk kalian yang berada dalam tim cheerleader, kurasa buku ini sangat cocok untuk kalian baca, jika mendalami satu hal lalu ada buku yang berkaitan dengan hal tersebut, pasti kalian suka :) 

Sekian review hari ini, terima kasih...

Regards,
♥ Antonia Glory

No comments:

Post a Comment